IP Camera: Apa dan Bagaimana Cara Mereka Bekerja?

Sobat Aceguard, apakah kalian tahu mengenai IP camera? Ya, memang kamera jenis ini dapat dikategorikan sebagai salah satu jenis CCTV. Singkatnya, IP camera adalah kamera yang tersambung langsung dengan jaringan Internet di tempat para Sobat Aceguard, sehingga hasil rekamannya dapat langsung diakses dari berbagai media dan tempat. Namun pernahkah Anda berpikir bagaimana cara kerja sebuah IP camera? Nah, pada kesempatan ini, Aceguard akan menjelaskan sedikit mengenai IP camera kepada para sobat Aceguard sekalian.

Cara Kerja IP Camera

Diagram IP Camera

Diagram Cara Kerja IP Camera (diambil dari wiki.instar.com)

Seperti gambar di atas, IP camera dihubungkan dengan suatu alat bernama switch yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat sekaligus dalam suatu jaringan. Switch ini sebenarnya sangat umum dijumpai di beberapa tempat yang memiliki banyak komputer tersambung seperti misalnya laboratorium komputer di sekolah-sekolah dan gedung-gedung perkantoran. Pada umumnya, IP camera terhubung melalui kabel Ethernet RJ45 dan ditenagai dengan kabel ini pula menggunakan metode PoE (Power over Ethernet), namun ada juga kamera yang bersifat wireless dan menggunakan baterai. Switch, tentu saja, terhubung dengan listrik. Jika tidak, bagaimana bisa menyala, bukan? :p

contoh switch

Contoh switch yang biasa digunakan

Tergantung dari infrastruktur yang diinginkan, switch tersebut bisa saja dihubungkan ke switch lain menggunakan jaringan wireless atau langsung dihubungkan langsung ke NVR (Network Video Recorder) atau NAS (Network Attached Storage) untuk menyimpan hasil rekaman kamera tersebut. Melalui jaringan lokal, Anda dapat langsung menyambungkan komputer ke NAS atau NVR tersebut untuk mengakses hasil rekaman kamera Anda. Apabila Anda ingin mengakses hasil rekaman kamera di luar jaringan Anda, maka Anda perlu menyambungkan NVR atau NAS Anda ke Internet menggunakan sebuah router (atau biasa disebut sebagai modem). Tergantung dari jenis dan merek yang digunakan, ada cara berbeda-beda untuk mengakses hasil rekaman ini, bisa secara langsung melalui browser seperti Google Chrome atau Firefox, atau bisa melalui aplikasi mobile (khusus untuk smartphone tentunya).

Melihat hasil IP Camera di komputer

Perlu diperhatikan bahwa contoh di atas tentu saja dapat berubah-ubah sesuai dengan jenis dan merek kamera yang sobat Aceguard gunakan. Bahkan, ada juga IP Camera yang sifatnya wireless dan tidak membutuhkan NVR / NAS untuk menyimpan hasil rekamannya, cukup melalui SD Card. Silahkan konsultasikan dengan penjual sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Nah, sekian dulu informasi dari Aceguard mengenai IP Camera. Cukup mudah dipahami, bukan? Nah, jika Sobat Aceguard tertarik untuk memiliki kamera jenis ini, langsung saja hubungi Aceguard atau langsung datang ke showroom Aceguard di sini. Kami sudah pasti menyiapkan harga spesial untuk para Sobat Aceguard sekalian. Jangan khawatir, kami juga pasti akan membantu pemasangannya. Anyway, terima kasih atas perhatian Sobat Aceguard, semoga artikel ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Happy weekend! 😀

Diolah dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *